Info Ulasan Khasiat & Manfaat Sayuran Bagi Tubuh

Apa saja manfaat sayuran bagi tubuh ?

Sayuran adalah salah satu makanan sebagai pelengkap 4 sehat 5 sempurna, tidak bisa di lepaskan dari kebutuhan gizi yang harus di penuhi dan selalu wajib di konsumsi oleh tubuh kita.

Salah satu faktor mengapa sayuran sangat di perlukan oleh tubuh kita adalah dalam kandungan sayuran sendiri terdapat kandungan nabati dan kebutuhan unsur nabati dalam tubuh sangatlah besar.
Sayuran Mengandung Nutrisi Nabati.

Pada sayuran sendiri pada prinsipnya terdapat hampir semua nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh kita terdapat pada sayuran ini  dan pemanfaatan nutrisi untuk kesehatan sendiri sangatlah besar sekali pada kandungan tersebut terdapat pula sumber vitamin, mineral, antiosida dan jenis serat yang sangat di butuhkan tubuh.

Pada kandungan sayuran sediri sebenarnya hampir sama pada buah –buahan yang bukan hanya rendah kalori dan lemak namun juga terdapat berbagai sumber vitamin, mineral yang dalam jumbolah yang cukup banyak, sayuran adalah salah satu sumber kalsium, magnesium kalium besi, beta karoten, Vitamin B Komplek , Vitamin C, Vitamin A dan vitamin k.

Seperti halnya dengan buah juga sayuran juga merupakan tempat antioksidan yang sangat di butuhkan kesehatan, terdapat senyawa Phyto – kimia yang bisa mengobati dari berbagai penyakit seperti kangker dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu juga sayuran mengandung zat larut dan tak terlarut atau juga di kenal sebagai Non Pati Polisakarida pada kandungan ini terdapat beberapa zat yang bisa menyerap kelebihan air di dalam usus besar kita dan juga bisa mempertahankan jumbolah kadar uap air di dalam tubuh, melancarkan buang air besar dan lain sebagai nya.

Manfaat Sayuran

Nutrisi yang terkandung di dalam sayuran ini telah lebih meluas dan menarik minat peneliti ahli di bidang ini dan menyimpulkan sayuran merupakan zat yang bisa meningkatkan kebugaran namun mayoritas jenis sayuran yang di konsumsi ini masih sangatlah kurang dan sangat rendah kalori , beberapa sayuran yang mengandung nutrisi tersebut contohnya seledri yang hanya memiliki kandungan 16 kalori per 100 gr.

Berikut adalah daftar kandungan dari beberapa sayuran di antarnya kurang dari 20 per 100 gr seperti Labu botol, melon, pare, kubis dan lain lain. Menurut penelitian sayuran yang memiliki kalori rendah namun kaya akan nutrisi bisa membantu manusia akan tetap fit dan bisa terbebas dari penyakit.
Di dalam tubuh manusia sendiri sebenarnya sangat bayak menghabiskan energi metabolisme makanan dan sayuran bisa menjadi sumber nutrisi yang kita dapat, dan pemanfaatan sayuran untuk di konsumsi sehari – hari secara tidak langsung anda memutuskan untuk diet,

Lalu berapa bayak kah sayuran yang kita butuhkan per harinya ?


Setidaknya tubuh kita membutuhkan 5 – 7 porsi sayuran setiap harinya bahkan dokter ahli di bidang kesehatan yang khusus menagani diet merekomendasikan setidaknya 9 porsi nabati untuk program dietnya lain buah,.

Sayuran yang berwarna kuning dan orange mengandung vitamin A dan B dan zat lan seperti zea Xantin dan kripton  Xantin sedangkan untuk sayuran yang berwarna hijau tua merupakan sumber mineral dan oksalat, flavonoid dan oksalat, dan juga flavonoid, antosianin yang baik untuk tubuh.
Cara memilih sayuran.

Untuk mendapatkan manfaat dari sayuran tersebut sabaiknya pilihlah sayuran organik yang dalam proses perawatannya menggunakan bahan- bahan organik dan tanpa bantuan bahan kimia, sayuran organik sendir sebenarnya tidak terlalu mahal bila kita membelinya dari petaninya langsung. Jenis variates sayuran organik memang cenderung lebih kecil namun kaya akan rasa dan memiliki beberapa konsentrasi vitamin, mineral dan juga serat yang baik untuk kesehatan.

Bila membeli sayuran di pasar sebaiknya belilah dengan jumbolah kecil agar tidak terlalu lama tersimpan dan menyebabkan pembusukan.

Kita juga bisa memilih  beberapa bintik noda akibat semprotan bahan kimia yang tidak di anjurka oleh tubuh.

Lalu bagaimana cara mengolah sayuran pertama kali ?


Setelah melakukan belanja sayuran sebaiknya sayuran segera di cuci menyeluruh terutama sayuran hijau kemudian di cuci dengan air garam dan terahir cuci perlahan dengan air bersih secara perlahan.

Tidak semua sayuran memiliki daya simpan panjang terdapat jenis sayuran mempunyai daya simpan yang panjang dan bila kita terpaksa menyimpan sayuran di kulkas sebaiknya bungkuslah dengan plastik agar kondisi kesegarannya selalu terjaga.

RELATED POST

Info Ulasan Khasiat & Manfaat Sayuran Bagi Tubuh
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email