39 Khasiat Bawang Dayak Untuk Sesehatan

Mengapa di sebut dengan bawang dayak, tentu sebgian orang bertanya-tanya. Bawang dayak sendiri adalah jenis bawang yang berasal dari kalimantan, bawang dayak berbeda dari jenis bawang merah pada umumnya, sekilas mirip namun tak sama.

Untuk masyarakat darah kali mantan sana mungkin tidak asing lagi dengan bawang ini karena sudah sejak lama bawang ini tumbuh di dataran kalimantan, mayarakat daerah kalimantan sering memanfaatkan bawang dayak sebagai obat, banyak penyakit yang bisa di sembuhkan dengan menggunakan bawang dayak ini.

Pada kandungan senyawa yang terdapat pada bawang dayak cukup lengkap sehingga sangat wajar bila khasiat yang terdapat pada bawang dayak sendiri cukup banyak juga, beberapa kandungan senyawa di dalam bawang dayak sendiri d antaranya adalah alkaloid, steroid, glikosida, flavonoid, fenolik, tanin, dan saponin dan hebatnya lagi salah satu dalam senyawa ini bisa di gunakan sebagai obat anti kangker yaitu jenis senyawa flavonoid.

Dari hasil penelitian yang di lakukan oleh IPB Bandung menemukan hasil bawang bawang dayak bisa di gunakan langsung secara segar ataupun sudah di keringkan.

Bawang dayak sendiri untuk mendapatkan hasil yang baik sebaiknya pilihlah bawang dayak ketika pertumbuhannya mencapai puncak vegetatif yaitu ketika bawang dayak baru muncul kuncup bunga. Saat itu lah saat pas untuk k di ambil sebagai obat.

Semakin hasri tingkat keinginan untuk mendapatkan bawang dayak ini semakin tinggi karena danya bukti-bukti yang di lakukan oleh beberapa orang akan khasiat bawang dayak ini, sehingga populasi bawang dayak juga semakin meningkat karena sebagian orang yang menyadari akan khasiat bawang dayak mencoba menanam sendiri sebanyak-banyaknya di sekitar rumah.

Khasiat bawang dayak sendiri sangat beragam mulai penyakit ringan hingga penyakit berat bisa di atasi dengan mengkonsumsi bawang dayak. Pada bawang dayak memiliki ciri-ciri daunya berbentuk panjang, 15-20 cm dan lebar 3-5 mirip dengan palem namun tanamanya pendek dengan bunga berwarna utih dan berkelopak lima.

Kasiat bawang dayak

Kasiat bawang dayak sendiri sangat banyak sekali bila di jelaskan dengan rinci bisa memakan waktu cukup banyak, berikut ringkasan khasiat bawang dayak.

1. untuk obat amandel
Amandel adalah jenis penyakit yang terjadi pada tenggorokan, biasanya sering menyerang anak-anak tapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa terkena amandel.

2. dapat mengatasi ambeien
Ambeien adalah jenis penyakit yang terjadi pada lubang dubur, akibat dari jenis penyakit ini dubur akan keluar darah bisa di biarkan terlalu lama tidak di sembuhkan, sebenarnya pengobatan yang paling pas adalah dengan jalan oprasi, namun untuk obat yang masih ringan bisa menggunakan bawang dayak.

3. menyembuhkan asam urat
Asam urat bisa menyerang siapa saja, namun penyakit ini biasa menyerang para orang tua, namun tidak menutup kemungkinan juga anak muda.

4. dapat menyembuhkan asma
Pengobatan penyakit asma dari dini sangat di anjurkan, karena asma juga sangat berbahaya bila di biarkan terlalu lama.

5. bisul
Bisul adalah jenis penyakit dengan ciri terjadi pembengkakan di bagian tubuh, pembengkakan tersebut sangat sakit, lama kelamaan akan pecah bila sudah pada waktunya namun itu cukup lama. Bila tidak segera di obati sakit berkepanjangan akan terjadi sampai bisul pecah.

Berikut ini adalah khasiat lain dari bawang dayak yang bisa di ketahui, semoga bermanfaat.

6. Bronkhitis
7. Darah Rendah
8. Diabetes Melitus
9. Epilepsi
10. Gangguan Pencernaan Lambung
11. Gangguan Seksual
12. Ginjal
13. Gondok
14. Hepatitis
15. Hipertensi / Darah Tinggi
16. Insomnia
17. Jantung
18. Kanker Kelenjar Getah Bening
19. Kanker Paru – Paru
20. Kanker Payudara
21. Kanker Rahim
22. Kanker Usus
23. Keputihan
24. Kista
25. Kolesterol
26. Maag
27. Migrain
28. Myom
29. Obat Muntah
30. Pelupa / Menurunnya Fungsi Ingatan
31. Peluruh Kemih
32. Pencahar
33. Prostat
34. Radang Usus
35. Rematik
36. Sakit Kuning
37. Sakit Perut
38. Sakit Pinggang
39. Stamina

Sah sejak lama bawang dayak sendiri di manfaatkan untuk di gunakan sebagai obat-obatan namun studi kelayakan akan khasiat bawang dayak sendiri masih belum banyak yang melakukannya, dalam sebuah buku tanamn obat indonesai yang menyebutkan bahwa kandungan bawang ini meliputi :Polifenol, Tanin, Alkaloid, Saponin, Triterpenoid, Stroid, GlIkosida, Fenolik dan Flavonoid dan alin sebaginya.

Dan para pakar ahli juga menyimpulkan antioksidan mampu mereduksi resiko penyakit yang kronis seperti kangker dan juga penyakit jantung, dengan menggunakan anti oksidan alam di angap lebih aman ini karena ekstrak dari tanaman ini di dapat secara alami .


RELATED POST

39 Khasiat Bawang Dayak Untuk Sesehatan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email